[LYRICS] Rap Monster, Wale — 'Change' with Romanization and Indonesia translate


LYRICS
[Verse 1: Rap Monster]
Oh tell me that dark could never win the light
Oh tell me that wrong could never win the right
Baby tell me that we gon' someday stop the fight
And tell me that every, everything gon' be alright



Oh tell me who’s stupid, baby, is it me or them?
Just tell me who’s insane, baby, is it me or them?
In this crazy world after patience could we get the pearl?
But this world, which teaches me, preaches me how to curl

Oh fuck the school
All we got is mad teachers and some visible classes
Divided spaces, and forever-lasting stresses
Everybody’s mad
Kill people with fingers on Twitter
More than a gun, more than a knife
The tip of your tongue just glitter

Would the pain always win you gain? (Nah)
How could you bet? It's damn checking game (Yea)
We're losin' again, homie we losin' too many things
What should we tell our sons?
You know that they will be the men
Like you and me

[Pre-Chorus: Rap Monster]
If hope is a taste
What is yours? What you eat all day?
(What you eat all day?)
And if your love is a game
Are we losin', losin', oh

[Chorus: Rap Monster]
World is gonna change
(ooh ooh ooh)
World is gonna change
(ooh ooh ooh)
World is gonna change
(ooh ooh ooh)
World is gonna change
(ooh ooh ooh)

[Verse 2: Wale]
Yeah, tell me what is really real?
I'm trynna buy a new Ferrari for my newest deal
Baby girl say "the world really hate us, huh?"
Pray a lot and maybe God give you Saint Laurent
Wish that I could change the world but they hold back
When it's time to go the people just be mad again
And what if I could change the world with a pen and pad?
When it's time to vote the people turn to mannequins
Challenge that
Namjoon, I'm the man too
I'm out in Chevy Chase the teachers used to lampoon
I sing songs, haikus over rap tunes
High IQ looking for a Song Hi-Q, hey cuuutie
Yea
I'm tryin' to keep it a 100
Got no faith in the government that's why we need each other
Hey
Laughin' to keep from cryin'
Folarin's a rap monster
BTS is the ARRRRRRMY
Now it's on me
I'mma keep the piece until I see some more peace
I'mma keep it G, forever keep it lowkey
Take a trip to South Korea with some DC OGs
Chiefing OG, I'm chiefing OG
Hated by alt-rights and racist police
Say, woop woop man, 12 comin'
They make them kids really freeze, when they say "freeze!"
Freeze!

[Chorus: Rap Monster]
World is gonna change
(ooh ooh ooh)
World is gonna change
(ooh ooh ooh)
World is gonna change
(ooh ooh ooh)
World is gonna change
(ooh ooh ooh)

[Post-Chorus: Rap Monster]
World is gonna change
The world is gonna change
The world is gonna change
World is gonna change
The world is gonna change
The world is gonna change
World is gonna change
The world is gonna change
The world is gonna change
World is gonna change
The world is gonna change
The world is gonna change
World is gonna change

[Verse 3: Wale]
Moonz, praying for better days for you and I
I see progress via my daughter's eyes
I think I think too much now and drink too much now
I numb it cause I don't wanna cry

[Verse 4: Rap Monster]
Praying for better pace for you and I
I see some grass growing in winter's eyes
I think I think too much now and drink too much now
To numb it cause I don't wanna die

[Verse 5: Wale & Rap Monster]
I believe that real friends love you to no limit (yea)
I believe that real change lies in the mirror (yea)
Since I was a lil' one wasn't 'posed to get much status
Now they got they hands up for me like a stick up
Say "hands up, hands up" like a stick up
Hands up, hands up like a stick up
Since I was a lil' one, wasn't 'posed to get much status
Now they got they hands up for me like a stick up



[Outro: Wale & Rap Monster ]
Take it day by day, night by night
It's on you and me if I'm gon' shine
Not stopping day by day, night by night
It's on you and I
Moonz and the ARMY right
(My hands up)

Indonesia Translate

Oh katakan padaku bahwa kegelapan takkan pernah menang dari cahaya
Oh katakan padaku bahwa yang salah takkan pernah menang dari yang benar
Baby katakan padaku bahwa suatu saat kita akan menghentikan peperangan
Dan katakan padaku bahwa segala, segala-galanya akan baik-baik saja

Oh katakan padaku siapa yang bodoh, baby, aku apa mereka?
Katakan saja siapa yang sinting, baby, aku apa mereka?
Dalam dunia gila yang melampaui kesabaran ini, bisakah kita dapatkan mutiara?
Namun dunia yang mengguruiku ini mengkhotbahiku cara berserapah

Oh persetan dengan sekolah
Yang kita dapatkan hanyalah guru marah-marah serta dan pengelompokan-pengelompokan tak kasat mata
Ruang-ruang terpisah dan juga stress yang tiada akhir
Semua orang menggila
Membunuh orang menggunakan jemari di Twitter
Melampaui pistol, melampaui pisau, ujung lidahmu hanya glitter

Akankah segala kesakitan membawakanmu keuntungan?
Bagaimana bisa kau bertaruh? Ini permainan kontrol keparat
Kita kalah lagi, kawanku, kita kehilangan terlalu banyak hal
Apa yang harus kita katakan pada anak-anak kita
Kautahu mereka akan tumbuh dewasa
layaknya kau dan aku

Jika harapan merupakan citarasa
Rasa apa harapanmu, bersediakah kau memakannya tiap hari?
Dan jika cintamu merupakan permainan
Kami ini kalah, kalah, oh

Dunia akan berubah
Dunia akan berubah
Dunia akan berubah
Dunia akan berubah

Yeah katakan padaku apa yang sesungguhnya nyata
Aku berupaya membeli sebuah Ferrari pada transaksi terbaruku
Baby girl bilang, "Dunia ini sungguh membenci kami, huh?"
Bayarlah yang mahal dan barangkali Tuhan akan memberimu Saint Laurent
Berharap aku dapat mengubah dunia namun mereka melarangnya
Ketika tiba saatnya untuk bertindak, mereka menjadi sinting lagi
Dan bagaimana jika aku bisa mengubah dunia menggunakan pena serta pad
Ketika tiba saatnya pemungutan suara (T/N: kalau di sini coblosan buat pilih pemimpin pemerintahan), 
mereka berubah menjadi manekin, challenge-in tuh 
(T/N: menyindir mannequin challenge yang sempat jadi viral di ig)
Namjoon, aku ini juga seorang pria
Aku pergi meng-chevy-chase para guru yang pernah mencerca
Aku menyanyikan lagu, haikus mengikuti nada rap
Si IQ tinggi mencari sebuah lagu seperti dirimu
Hey gadis manis, aku berusaha mempertahankan nilai 100
Aku tak setia pada negara maka dari itu kita saling membutuhkan satu sama lain
Hey, tertawalah agar agar terhindar dari tangisan
Folarin (T/N: judul mixtape-nya Wale) adalah monster rap
BTS adalah tentara (T/N: ARMY)
Kini mereka berpihak padaku
Aku akan menjaga kedamaian hingga aku menemukan yang lebih damai
Aku akan tetap bersantai selamanya, tetap rileks
Melancong ke Korea Selatan bersama OG (T/N: Original Gangster) dari D.C yang sopan
Aku ini OG, aku ini OG
Dibenci para Alt-Right(**) dan polisi-polisi rasis
Katakan whoop whoop, man
Artinya kita semua tiba
Dan menjadikan anak-anak sungguh membeku saat kami bilang "Bekulah!" bekulah!

Dunia akan berubah
Dunia akan berubah
Dunia akan berubah
Dunia akan berubah

Dunianya akan berubah
Dunia akan berubah
Dunia akan berubah
Dunianya akan berubah 
(repeat 4x)

Moonz, aku berdoa untuk hari-hari yang lebih baik bagi kau ada aku
Aku melihat perkembangannya melalui kedua mata putriku
Aku berpikir, berpikir terlalu banyak sekarang 
Dan minum terlalu banyak demi melumpuhkan pikiranku dari itu semua, 
sebab aku tak mau mati

Dan aku yakin bahwa sahabat sejati menyayangimu tiada batas
Aku yakin bahwa perubahan yang nyata berdusta dalam cermin
Sebab aku dulu hanya orang kecil yang tidak diharapkan mendapat lebih
Kukatakan "Angkat tangan, angkat tangan!" seperti korban perampokan
Angkat tangan, angkat tangan seperti korban perampokan
Sebab aku  dulu hanya orang kecil yang tidak diharapkan mendapat lebih

Menjalani hari demi hari, malam demi malam 
Hanya ada kau dan aku, jika aku akan bersinar
Menjalani hari demi hari, malam demi malam 
Hanya ada kau dan aku
Moonz dan ARMY juga

***

(*) Chevy-Chasing: Ketika satu atau sekelompok orang ikutan pesta tanpa kenal siapa pun di dalamnya, tetapi menjadi pusat perhatian, lalu setelah pesta usai mereka hilang ditelan malam tanpa ada satu pun yang tahu identitas mereka setelah itu.
(sumber: urbandictionary)

(**) Alt-Right adalah (sekelompok orang pendukung) gerakan yang memiliki gagasan utama berpusat tentang identitas ras kulit putih.
(sumber: tirto.id)

Credits:
Lyrics: genius.com edit by ranianurach soalnya ada lirik yang salah. Lirik "SONG HI-Q" jadi Song Hye Kyo 😂😂😂
Indo:facebook.com/nekonyaaan , ranianurach
Thanks for neko udah nerjemahin liriknya ada yang aku edit sedikit sih hehe. Karena liriknya udah bahasa inggris jdi gak usah pke romaji hehe. 
kalo ada lirik yang salah maapkeun, karena ini bukan lyrics official dari bighit cuman modal telinga sama berberapa sumber.

🐤🐤🐤🐤🐤🐤🐤🐤🐤🐤🐤🐤🐤🐤🐤
BIGHIT  emang jago bikin Army syok mendadak di malam hari,  tgl 19 maret kemaren bighit ngeupload MV RM,  Wale 'Change' sebuah kolaborasi oleh RapMonster dan Wale artis luar negeri. Mereka berdua keren coy,  Lagunya asyik , liriknya dalem coy tentang  nyindir dunia sekarang ini, Wale ngerapnya tentang RM sm BTS dan korea btw kita (ARMY)  juga disebut sama Wale duhh senangnya  me be like "makk aku terkenal mak aku cuk tipi,  mak aku go internasional" /skip/ setiap Wale bilang Army gw senyum sndiri masa kek bangga gitu :v ok ini abaikan.  Dan mv ini rilisnya bareng sm MV Do You Rapmon 2years ago hehe. Btw nih knapa MV RM selalu di upload bulan Maret??  Engingeng apaqa ini termasuk sebuah Teori dari bighit?  Idk-_-


Rap Monster + BTS + Arrrrrmmy✨✨

Very beautiful song lyrics, the message really wonderful rap

Rapmon's english pronounce is the best 👍👍

WATCH THE MUSIC VIDEO BELOW


btw intro dari bighit gakada , ilang wkwk 😂😂😂
Rapmon english pronounce nya beuh mantab gils.  



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello, my name is Rania. I'm an EXO-L, an ERIGOM. I created this blog as appreciation to EXO for all the joy and inspiration I get from them. I want the world to know these bunch of multi-talented individuals with equally amazing personalities. I wish they continue to make music for a long time and I will stay as an EXO-L for as long as there is EXO. We Are One! xoxo^^♡

2 COMMENTS

  1. Hello kak rania, aku senang melihat ini. Di awal tahun 2021 aku masih dan selalu mendengar lagu abang RM ini aduh >_< aku gatau kenapa dari awal aku dengar lagu ini, kaya ada aura dan emosi yg bisa aku rasakan dan oh iya aku ARMY hehe. Lagu ini parah sih meaning nya deep bngt menurutku. Aku mau nanya aja kak kalau di part kata² yg "Freeze" itu dalam artian kaya sebuah perintah buat diam ditempat dan tidak bergerak untuk menangkap tersangka kan? Aku masih agak kesulitan memahami keseluruhan lagu, tapi aku tau lagu ini sangat berarti :) thank ya kak��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo! Wah, ada Army dari Indonesia bagian mana ini?
      Ini 2021 aku tidak menyangka bakal dapet notif dari blog ini lagi huhu :') udah lama banget blog ini tidak aktif. Makasi yaa udah mau berkomentar di sini dan memberikan ungkapan mengenai lagu ini^^. Aku terharu huhu :') untuk kata "freeze" benar katamu bisa diartikan seperti itu dari liriknya membuat diam ditempat dan tidak bisa bergerak. Terima kasih banyak sudah mampir ke blog aku. Aku sangat sekali hehe ^o^ <3<3<3

      Delete